Twitter

Zooming Photography Tutorial

Author Unknown - -
Home » Zooming Photography Tutorial

Shutter speed, diagfragma, dan ISO merupakan elemen setiga eksposur. Dengan mengubah salah satunya, Anda bisa mendapatkan beragam hasil fotografi yang luar biasa. Mengubah kecepatan shutter contohnya, selain teknik panning, Anda juga bisa mendapatkan foto dengan efek motion seperti teknik zooming seperti di bawah ini.
Teknik Zooming

Apa itu Teknik Zooming ?

Zooming adalah teknik foto untuk memberikan kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa.
Teknik ini mutlak membutuhkan lensa zoom, karena perubahan panjang fokus lensa hanya bisa dilakukan dengan menggunakan lensa zoom.
Teknik Zooming

Bagaimana Cara Menggunakan Teknik Zooming ?

Gunakan slow shutter, semisal 1/30 atau sesuaikan dengan efek yang Anda inginkan.

Kontrol Zoom
Prinsip utama memotret dengan teknik zooming adalah, setelah Anda telah mengatur kamera ke kecepatan rana lambat, Anda menekan tombol shutter bersamaan dengan zoom baik zoom in atau zoom out dan ini akan secara otomatis mengubah gambar Anda.
Salah satu hal terbaik untuk dilakukan adalah untuk bermain-main dengan teknik zoom yang berbeda saat Anda akan menemukan cara terbaik untuk secara dramatis mengubah efek foto Anda. Coba zoom dengan kecepatan memutar gelang zoom yang berbeda Anda akan terkejut dengan beragam hasilnya yang luar biasa.

Perhatikan Exposure
Meskipun rahasia untuk menciptakan jenis foto zooming adalah dengan menggunakan kecepatan rana lambat, teknik ini hanya akan bekerja dengan baik dalam pencahayaan redup atau pada hari-hari mendung. Anda bisa menggunakan teknik ini di siang bolong asalkan Anda melengkapi lensa Anda dengan filter ND 1000, atau lebih besar, bukaan sempit, dan ISO rendah.
Jika pemotretan dilakukan malam hari, Anda dapat memakai waktu pencahayaan lama dan akan memperoleh efek lampu yang membentuk garis-garis panjang cahaya.

Pastikan Kamera Anda Stabil
Carilah posisi nyaman memegang kamera agar stabil. Anda bisa menggunakan tripod atau monopod, nyaman.

Komposisi
Efek zooming terbaik akan diperoleh jika background memiliki kontras dan warna yang bervariasi. Komposisi subyek yang menjadi fokus sebaiknya berada di tengah background tersebut.

Mode Pemotretan
Anda bisa menggunakan shutter priority (Tv / S) untuk memudahkan Anda ketika exposure berubah – ubah. Atau mode manual. Ini semua memerlukan latihan, dan latihan.